Monday, 31 March 2014

Human Interface Computer

Human Interface Computer atau biasa disebut Interaksi Manusia dan Komputer (Dalam bahasa indonesia) memang tidak bisa terlepas dari kemajuan teknologi yang begitu pesat pada zaman yang serba modern ini, serta kebutuhan teknologi yang mempermudah semua pekerjaan usernya baik dalam perkejaan sehari - hari atau yang berurusan dengan logika arimatika / operasi matematika. Pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang HCI (Human Computer Interface) dengan lugas dan singkat serta jelas. Sebelum menjelaskan lebih lanjutnya, baiknya kita harus tahu dulu apa itu HCI.

HCI merupakan ilmu yang menjelaskan tentang perencanaan serta implementasi dari sebuah sistem yang bernama sistem komputer yang terkait dengan manusia sebagai user yang menggunakannya. HCI dibutuhkan karena faktor yang membuat manusia menggunakan teknologi yang memungkinkan untuk membangun sebuah sistem yang sesuai dengan kebutuhan mereka. HCI harus aman, efektif dan efisien sehingga user akan merasa nyaman untuk menggunakan sistem yang dia buat sendiri. HCI tidak terlepas dari "Sistem Informasi."

Sistem Informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas user yang menggunakan teknologi tersebut dalam mendukung operasi manajemen. Sistem informasi mengarah kepada penerapan komputer untuk dunia bisnis dan manajemen atau bisa disimpulkan bahwa sistem informasi = ekonomi berbasis IT. Pada gambar berikut berisi tentang komponen dari Sistem Informasi.


  1. User
  2. Perangkat Keras
  3. Perangkat Lunak
  4. Jaringan Komputer dan Komunikasi Data
  5. Basis Data
  6. Prosedur
HCI (Human Interaction Computer) adalah sebuah hubungan antara user dengan komputer dalam artian mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan dengan menjalankan sebuah sistem yang berlandaskan sebuah Interface. Tanpa disadari kita telah berinteraksi dengan sebuah perangkat keras yang hidup karena perangkat lunak yang memproses segala apa yang kita inginkan berupa input serta output.

HCI mempunyai konsep Ussability atau efektifitas dan efisiensi ketika digunakan. Sebagai contoh adalah situs web internet. Menurut Jakob Nielsen (2003) seorang ahli HCI mengungkapkan bahwa ada komponen - komponen yang mempengaruhi Ussability yaitu :

  1. Learnability
  2. Attitude
  3. Throughput
  4. Flexibilty
  • Learnability (Kemampuan Pembelajaran)
    • Seberapa mudah memperlajari suatu sistem.
    • Seberapa cepat untuk menguasai sampai menjadi mahir.
    • Bagaimana kemampuan pemakai mempertahankan pengetahuannya setelah jangka waktu tertentu.
  • Throughput (Tolak Ukur Keluaran)
    • Seberapa cepat suatu tugas dikerjakan
    • Seberapa banyak kesalahan dan kesalahan-kesalahan apa saja yang dibuat pemakai.
    • seberapa banyak orang yang diperlukan untuk memperbaiki kesalahan.
  • Flexibility (Keluwesan)
    • Seberapa besar kecocokan sistem dengan keahlian seorang pemakai.
    • Fleksibilitas sistem diubah untuk memenuhi jalan kerja yang berbeda atau perbedaan level dari suatu keahlian.
  • Attitude (Perilaku)
    • Kepuasan pemakai terhadap sistem.
    • Manfaat yang dirasakan oleh pemakai terhadap sistem.
    • Berapa lama sistem dipakai oleh pemakai.
Walaupun dikatakan efektif dan efisien, Ussability mempunyai kelemahan. Menurut seorang ahli Theo Mandel (1994) mengatakan bahwa kelemahan ussability adalah sebagai berikut.
  • Visualisasi yang buruk.
  • Informasi yang bisa dibaca mengalami kerusakan.
  • Komponen yang tidak dapat dimengerti.
  • Selingan yang mengganggu.
  • Navigasi yang membingungkan.
  • Navigasi yang tidak efisien.
  • Operasi yang tidak efisien.
Contoh teknologi yang menggunakan HCI (Human Computer Interaction) adalah seperti yang ada dalam video berikut ini. (Saya ambil Via Youtube)
Video di atas merupakan gambaran betapa manusia di masa sekarang maupun yang akan datang tidak bisa handilepas dari komputer serta interaksi antara manusia dan komputer akan semakin mudah dan sedera. Dalam video di atas terdapat beberapa hal yang menunjukkan interaksi manusia dan komputer kedepannya menjadi semudah berinteraksi dengan sesama manusia. 

Salah satu contoh teknologi yang mempunyai unsur HCI adalah Smart Watch atau jam tangan pintar, salah satu Vendor raksasa teknologi SAMSUNG telah membuatnya, yaitu Galaxy Gear.

Dari sisi desain, Galaxy Gear tampak seperti jam tangan pada umumnya. Namun, jam tangan ini berbasis Android dari Samsung. Saat ini, Samsung Galaxy Gear dapat digunakan oleh pengguna ponsel Galaxy Note III dan tablet Note 10.1 versi 2014. Kedua perangkat tersebut dapat dihubungkan dengan Galaxy Gear melalui koneksi Bluetooth.


Layar Galaxy Gear berukuran 1,63 inci dan beresolusi 320 x 320. Di sisi kanan layar terdapat tombol power. Beberapa menu yang dapat dilihat adalah Contacts, Logs, Apps, Settings, Pedometer, Media Controler, Gallery, S Voice, Voice Memo, dan Notifications. Nyaman digunakan di tangan dan simpel.
Sumber : 
  1. http://aellyas.wordpress.com/2011/09/19/pengenalan-human-computer-interaction/
  2. http://interaksimanusiadankomputernaro.blogspot.com/
  3. http://id.wikipedia.org/wiki/Interaksi_manusia-komputer
  4. http://tekno.kompas.com/read/2013/09/06/1415531/Kesan.Pertama.Menjajal.Samsung.Galaxy.Gear

No comments:

Post a Comment